Friday, December 9, 2011

Menjalankan program java melalui terminal

Bismillahirohmanirohim.
Sedikit cerita pada tahap zaman dewasa ini banyak perusahaan yang tidak senang pada programmer java yang menggunakan tools seperti netbeans ataupun yang lainnya untuk menjalankan program java karena disebut sebagai "Programmer Jalanan" dan dikampus saya sudah diterapkan pada Matakuliah OOP atau Pemrograman Berorientasi Objek.
Untuk yang sudah terbiasa menggunakan tools tidak ada salahnya mencoba program java melalui text editor dan dijalankan pada terminal.
bagaimana cara menjalankannya ?
semoga dengan tutorial singkat ini bisa membantu kawan yang sedang mencari solusi dari permasalahan ini.

1. Pastikan sistem operasi ubuntu sudah terinstall JDK, jika belum bisa download disini : Klik Disini

2. Setelah itu Buat Program java melalui text editor, kemudian save dengan extensi .java buat folder baru (Terserah dimana saja) kemudian simpan file java tersebut didalam folder tadi.

2. Buka Terminal Applications > Accesories > Terminal atau Ctrl+Alt+T

3. Masuk Ke direktori java yang telah dibuat tadi ( contoh cd Documents/Myjava/) "Jika Folder Java tadi berada di Documents"

4. ketikan ls pada terminal untuk melihat isi direktori java tadi (agar tidak salah pada tahapan compile)

5. setelah itu compile program yang berekstensi java tadi dengan perintah : javac namafile.java (namafile adalah nama yang disimpan pada saat pembuatan file java pada text editor)

6. setelah dicompile maka otomatis akan membuat file yang berekstensi .class pada direktori java tersebut.

7. setelah dicompile dan tidak terjadi error maka jalankan program java tadi dengan perintah : java namaclass (tanpa ekstensi .class) 

8. pastikan output sesuai harapan pada saat pengetikan program.

Selamat Mencoba dan Semoga bermanfaat khususnya untuk penulis umumnya untuk kawan-kawan yang sedang membaca tulisan ini.

sampai jumpa ditutorial berikutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Disini